Kamis, 17 Januari 2013

MESIN GURDI
Penggurdian adalah membuat lubang dalam sebuah obyek dengan menekankan sebuah gurdi berputar kepadanya.
Gurdi adalah sebuah pahat pemotong yang ujungnya berputar dan memiliki satu atau beberapa tepi potong atau galur yang berhubungan continu disepanjang badan gurdi. Galur berfungsi sebagai lewatnya serpihan dan fluida pemotongan. 
Penggurdi Puntir (twist drill) memiliki dua galur dan dua tepi pemotong. 
Penggurdi beralur tungggal digunakan untuk pelubangan mula dan untuk penggurdian yang dalam.
Penggurdi dua galur adalah jenis konvensional yang dipakai untuk pelubangan mula dan menggurdi lubang. 
Penggurdi tiga atau empat galur dipakai untuk memperbesar lubang yang telah dibuat sebelumnya. Mempunyai produktivitas lebih besar dan penyelesaian yang lebih baik dari pada penggurdi bergalur dua.
Penggurdi Pistol (gun drills) 
Terdapat dua jenis penggurdi pistol bergalur lurus yang digunakan untuk penggurdian lubang yang dalam.
1. Penggurdi trepan à tidak memiliki pusat mati dan meninggalkan inti pejal dari logam.
2. Penggurdi pistol pemotong pusat à digunakan untuk penggurdian lubang sangat dalam, misalnya menggurdi lubang buntu yang tidak dapat menggunakan penggurdi jenis inti.
Penggurdi pistol beroperasi pada hantaran yang lebih kecil dari pada penggurdi puntir konvensional, tetapi kecepatan potongnya lebih tinggi

Penggurdi khusus
Pemotong jenis gergaji untuk menggurdi lubang besar dalam pipa atau lembaran logam. Untuk lubang yang sangat besar pada logam tipis digunakan fris kecil (fly cutter).
Terdiri atas kepingan pahat yang dipegang pada pemegang horisontal, yang dapat disetel untuk perkisaran diameter yang luas.. Kedua pemotong akan memotong pada lintasan yang sama, tetapi yang satu disetel lebih rendah. 
Sudut Mata 
Sudut mata yang biasa pada penggurdi komersial pada umumnya adalah 118o untuk baja lunak, kuningan dan bahan pada umumnya. Untuk logam yang lebih keras, maka sudut mata lebih besar. Dua penggurdi dengan sudut mata 140o dan 80o.Perbandingan dari kedua serpihan ini menunjukkan bahwa tebal I1 untuk yang bersudut 140o adalah lebih dari tebal I2 pada sudut mata  80o.Lebar l1 untuk sudut mata 140o adalah kurang dari pada l2 untuk sudut mata yang lebih kecil. l2 yang lebih lebar, memiliki sisi pemotongan lebih lebar, berguna untuk menggurdi bahan yang menimbulkan keausan teramplas yang didistribusikan kepada sisi pemotongan yang lebih panjang, sehingga gaya pemotongan tiap satuan panjang menjadi berkurang.
 
Mata Gurdi
Untuk memperbaiki efisien penggurdian dan mengurangi desakan, suatu mata penggurdi memusat sendiri memiliki tepi spiral, yang memiliki aksi pemotongan yang jauh lebih baik yaitu dengan sumbu penggurdi.
 Fluida Pendingin
Untuk memperbaiki aksi pemotongan antara penggurdi dengan benda kerja, memudahkan pengeluaran serpihan, serta mendinginkan benda kerja dan pahat.Beberapa logam dengan media pendingin yang dianjurkan:
§Aluminium                : campuran minyak mineral – lemak binatang
§Kuningan                  : kering, campuran minyak mineral – lemak binatang
§Perunggu                 : kering, minyak larutan
§Besi cor                    : kering, semburan udara
§Tembaga                  : minyak larutan, campuran minyak mineral – lemak
                                         binatang
§Magnesium              : kering, minyak mineral
§Besi mampu tempa  : minyak larutan
§Baja                          : lemak, minyak larutan, minyak tersulfurisasi
§Baja, perkakas         : lemak binatang, minyak larutan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar